MAKALAH
PERANGKAT KERAS (INPUT)
Tugas
Kelompok
Mata
Kuliah : Pengetahuan computer
Disusun
oleh :
Nama :- Wayan suka arsana putra
- Suardi
- Afrianto
Kelas : 1G
FAKULTAS
TEHNIK INFORMATIKA
PROGRAM
STUDI KOMPUTER
UNIVERSITAS
COKROAMONOTO PALOPO
2015
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
Puja dan Puji hanya layak tercurahkan kepada Allah SWT. , karena atas limpahan
karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad
Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya layak
untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang seluruh getar
hatinya kebaikan. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan tugas pergetahuan
komputer ini tepat pada waktunya.
Penulis sangat tertarik untuk
mengajukan Judul : PERANGKAT KERAS (INPUT).
Banyak kesulitan dan hambatan yang
Penulis hadapi dalam membuat tugas pengetahuan komputer ini tapi dengan
semangat dan kegigihan serta arahan, bimbingan dari teman - teman sehingga
Penulis mampu menyelesaikan tugas kelompok ini dengan baik.
Palopo, September 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 1
BAB II PEMBAHASAN 2
A. Pengertian Perangkat keras input
(input) 2
B. Fungsi perangkat keras input 2
C. Macam – macam perangkat keras input 2
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 11
DAFTAR PUTAKA 12
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perangkat keras computer atau biasa
disebut dengan hardware merupakan seluruh komponen – komponen computer yang
secara fisik dapat dilihat atau diraba secara langsung atau yang berbentuk dan
kelihatan secara langsung.
Perangkat keras computer dibagi
menjadi 3 bagian utama salah satunya adalah perangkat keras input
Oleh karena itu, penyusun ingin membuat makalah dengan judul : “PERANGKAT KERAS INPUT”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan perangkat
keras input ?
2. Apa fungsi perangkat keras input ?
3. Apa saja yang termasuk perangkat keras
input ?
BAB
II. PEMBAHASAN
Alat
input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau
gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk
menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data
tersebut ke storage. Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard,
mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.
B. Macam – macam perangkat keras input
1. Keyboard
Keyboard
merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf, angka,
atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan
oleh komputer. Oleh karena itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik.
Keyboard
terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol
yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol
ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau cara pintas
yang telah diatur sebelumnya.
Ada
berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling
populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY yang meniru sistem tata
letak huruf pada mesin ketik. Keyboard tipe baru mempunyai tombol tambahan di
bagian atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya) untuk
mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.
2. Mouse
Mouse
adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan sebagai perintah
praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk mouse yang paling umum
mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang
dapat ditekan.
Mouse
pertama kali dibuat pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan kayu dengan
satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga buah tombol. Pada 1970,
Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada
layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Mouse
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan
keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,
tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar
inframerah, maupun bluetooth.
Pada
mouse mekanik, bola akan berputar pada saat mouse digerakkan. Penggulung mouse
akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan. Cakram akan menerjemahkan
gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. LED inframerah akan
memancarkan lewat cakram. Setelah itu, sensor akan mengumpulkan pantulan cahaya
untuk mengubah posisi X dan Y kursor pada monitor.
Hak
Paten Bola Mouse Pertama
(a)
Roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten3541541 (Inggris)
November 1970.
(b)
Bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris)September 1974.
(c) Bola dan dua
penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomorpaten 3987685 (Inggris) Oktober
1976.
3. Gamepad
Gamepad,
dikenal juga dengan joypad atau controlpad, merupakan tipe pengontrol permainan
video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk
menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan
pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat
arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai
pendukung atau penggantinya.
Gamepad
dapat digunakan sebagai alat input pada komputer, asalkan mempunyai connector
yang sesuai dengan port pada CPU. Namun, sekarang sudah banyak dijual gamepad
yang dapat digunakan pada komputer.
4. Joystick
Joystick
adalah alat input pada komputer berupa tuas yang dapat bergerak ke segala arah.
Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Alat ini umumnya digunakan sebagai peleng-kap untuk memainkan permainan video
yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
5. Scanner
Scanner
adalah perangkat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda,
seperti dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan
ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Oleh karena itu,
scanner merupakan alat input data berupa gambar atau dokumen.
Jika
dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner terdiri dari dua
jenis, yaitu sebagai berikut.
1)
Flatbed
Pada
scanner flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan
sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh
gambarnya.
2)
Automatic Document Feeder (ADF)
Pada
scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray,
kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner yang
berada di assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner,
sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas
tersebut.
Keunggulan
scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
a)
Kecepatannya tinggi, dapat mencapai lebih dari 10.000 lembar per jam.
b)
Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan.
c)
Scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.
6. Touchpad
Touchpad
adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap sentuhan atau
tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) karena memiliki bagian
sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan
pada laptop (notebook).
7. Trackball
Trackball
adalah alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang
memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern.
Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak
perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan
layar.
8. Web Camera
Web
camera (webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke
komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web camera sederhana terdiri
dari sebuah lensa standar untuk menangkap sinyal gambar, casing depan dan casing
samping untuk menutupi lensa standar, lubang lensa di casing depan yang berguna
untuk memasukkan gambar, kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke
komputer dan ujung satu lagi memiliki connector.
Sebuah
web camera biasanya dilengkapi dengan software yang dapat mengambil
gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval
waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Selain gambar, web
camera juga dapat mengambil video dari kamera digital sehingga dapat disimpan
dalam komputer. Oleh karena itu, web camera merupakan alat input data berupa
gambar dan video.
Ada
berbagai macam merek web camera, di antaranya adalah Logitech, Sunflower, dan
sebagainya. Webcam biasanya memiliki resolusi sebesar 352 × 288 atau 640 × 480
piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1 megapiksel. Sekarang, hampir
semua kamera digital dan HP dapat dijadikan sebagai web camera.
9. Mikrofon
Mikrofon
merupakan alat input yang berfungsi untuk mengubah gelombang bunyi menjadi
isyarat listrik. Data yang dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui mikrofon
berupa gelombang suara atau bunyi. Mikrofon sering digunakan untuk proses
perekaman suara ke komputer.
BAB
III. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya,
Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1. Alat
input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau
gambar ke dalam komputer
2. Perangkat
keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad,
joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.
Saran
Sesuai dengan kesimpulan diatas,
Penulis menyarankan setiap mahasiswa khususnya UNCP dapat memahami perangkat
keras input.
DAFTAR
PUSTAKA
“MENGENAL PERANGKAT KERAS INPUT”,
mantab banget gan
BalasHapuskabel multimeter jarum