Selasa, 15 Desember 2015

Makalah Perangkat Keras ( input )

MAKALAH PERANGKAT KERAS (INPUT)
Tugas Kelompok
Mata Kuliah : Pengetahuan computer

Hasil gambar untuk logo uncp palopo




Disusun oleh :
Nama             :- Wayan suka arsana putra
                         - Suardi
                         - Afrianto

Kelas              : 1G

FAKULTAS TEHNIK INFORMATIKA
PROGRAM STUDI KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMONOTO PALOPO
2015

KATA PENGANTAR
            Alhamdulillah, Puja dan Puji hanya layak tercurahkan kepada Allah SWT. , karena atas limpahan karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya layak untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang seluruh getar hatinya kebaikan. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan tugas pergetahuan komputer ini tepat pada waktunya.
Penulis sangat tertarik untuk mengajukan Judul : PERANGKAT KERAS (INPUT).
Banyak kesulitan dan hambatan yang Penulis hadapi dalam membuat tugas pengetahuan komputer ini tapi dengan semangat dan kegigihan serta arahan, bimbingan dari teman - teman sehingga Penulis mampu menyelesaikan tugas kelompok ini dengan baik.

Palopo, September 2015

    Penulis


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                                      i
KATA PENGANTAR                                                                                                    ii
DAFTAR ISI                                                                                                                   iv
BAB I      PENDAHULUAN                                                                                         1
A.    Latar Belakang                                                                                          1
B.     Rumusan Masalah                                                                                     1
BAB II     PEMBAHASAN                                                                                            2
A.    Pengertian Perangkat keras input (input)                                                  2
B.     Fungsi perangkat keras input                                                                    2
C.     Macam – macam perangkat keras input                                                    2
BAB III   KESIMPULAN DAN SARAN                                                                     11
DAFTAR PUTAKA                                                                                                       12




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perangkat keras computer atau biasa disebut dengan hardware merupakan seluruh komponen – komponen computer yang secara fisik dapat dilihat atau diraba secara langsung atau yang berbentuk dan kelihatan secara langsung.
Perangkat keras computer dibagi menjadi 3 bagian utama salah satunya adalah perangkat keras input

Oleh karena itu, penyusun ingin membuat makalah dengan judul : “PERANGKAT KERAS INPUT”.


B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Apa yang dimaksud dengan perangkat keras input ?
2.      Apa fungsi perangkat keras input ?
3.      Apa saja yang termasuk perangkat keras input ?




BAB II. PEMBAHASAN
A.   Pengertian Perangkat keras Input (Input)

Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon. 
B.    Macam – macam perangkat keras input
1.     Keyboard
Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Oleh karena itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik.

Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau cara pintas yang telah diatur sebelumnya.
Hasil gambar untuk keyboard komputer

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY yang meniru sistem tata letak huruf pada mesin ketik. Keyboard tipe baru mempunyai tombol tambahan di bagian atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

2.    Mouse
Mouse adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.

Mouse pertama kali dibuat pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga buah tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Hasil gambar untuk mouse

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Pada mouse mekanik, bola akan berputar pada saat mouse digerakkan. Penggulung mouse akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan. Cakram akan menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. LED inframerah akan memancarkan lewat cakram. Setelah itu, sensor akan mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y kursor pada monitor.
Hak Paten Bola Mouse Pertama
(a) Roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten3541541 (Inggris) November 1970.
(b) Bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris)September 1974.
(c) Bola dan dua penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomorpaten 3987685 (Inggris) Oktober 1976.

3.    Gamepad
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau controlpad, merupakan tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.

Hasil gambar untuk gamepad

Gamepad dapat digunakan sebagai alat input pada komputer, asalkan mempunyai connector yang sesuai dengan port pada CPU. Namun, sekarang sudah banyak dijual gamepad yang dapat digunakan pada komputer.

4.     Joystick
Joystick adalah alat input pada komputer berupa tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai peleng-kap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Hasil gambar untuk joystick pc


5.     Scanner
Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Oleh karena itu, scanner merupakan alat input data berupa gambar atau dokumen.

Jika dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1) Flatbed
Pada scanner flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

2) Automatic Document Feeder (ADF)
Pada scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner yang berada di assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Hasil gambar untuk scanner

Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

a) Kecepatannya tinggi, dapat mencapai lebih dari 10.000 lembar per jam.
b) Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan.
c) Scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.

6.    Touchpad
Touchpad adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) karena memiliki bagian sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).

Hasil gambar untuk touchpad komputer

7.     Trackball
Trackball adalah alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Hasil gambar untuk trackball

8.    Web Camera
Web camera (webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web camera sederhana terdiri dari sebuah lensa standar untuk menangkap sinyal gambar, casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar, lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar, kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke komputer dan ujung satu lagi memiliki connector.

Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software yang dapat mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Selain gambar, web camera juga dapat mengambil video dari kamera digital sehingga dapat disimpan dalam komputer. Oleh karena itu, web camera merupakan alat input data berupa gambar dan video.


Ada berbagai macam merek web camera, di antaranya adalah Logitech, Sunflower, dan sebagainya. Webcam biasanya memiliki resolusi sebesar 352 × 288 atau 640 × 480 piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1 megapiksel. Sekarang, hampir semua kamera digital dan HP dapat dijadikan sebagai web camera.

9.    Mikrofon
Mikrofon merupakan alat input yang berfungsi untuk mengubah gelombang bunyi menjadi isyarat listrik. Data yang dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui mikrofon berupa gelombang suara atau bunyi. Mikrofon sering digunakan untuk proses perekaman suara ke komputer.
Hasil gambar untuk mikrofon komputer






BAB III. KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya, Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1.      Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer
2.       Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.


Saran
Sesuai dengan kesimpulan diatas, Penulis menyarankan setiap mahasiswa khususnya UNCP dapat memahami perangkat keras input.



DAFTAR PUSTAKA
“MENGENAL PERANGKAT KERAS INPUT”,

http://www.materisma.com/2014/03/penjelasan-perangkat-keras-komputer.html

1 komentar: